Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Unmet Need Pada Wanita Usia Subur di BPM EnjuJumani SST, di Kec. Batujaya-Karawang

  • Anggarani Prihantiningsih
Keywords: KB, pengetahuan, umur, dukungan suami

Abstract

ABSTRAK
Data dari Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) jumlah akseptor KB Tahun 2007 menjadi 57% dan meningkatkan dengan data terakhir 61% pada tahun 2012. Untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan kejadian unmet need pada wanita usia subur di BPM Bidan Enju Jumani SST, Kec. Batujaya-Karawang pada periode Agustus Tahun 2017. Tujuan penelitian untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik, dengan metode pendekatan cross sectional, menggunakan total sample dengan jumlah 37 responden, memakai data yaitu data primer (kuisioner), analisis menggunakan chi- square. Hasil penelitian analisis univariat dari 37 orang yang mendapat Ya Unmet Need sebanyak 23orang (62,2%) sedangkan yang tidak unmet need baik yaitu 14 orang (37,8%). Hasil uji statistic dari 5 variabel ada terdapat 2 variabel yang berhubungan yaitu paritas (p-value =0,01.), pengetahuan (p-value = 0,01), dan yang Tidak ada hubungan umur(p-value =0,08.), pendidikan (p-value =0,49), dorongan suami (p-value =0,11.). kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara paritas dan pengetahuan dengan kejadian unmet need pada wanita usia subur dan tidak ada hubungan antara umur, pendidikan, dan dukungan suami dengan kejadian unmet need pada wanita usia subur. Saran Bagi tenaga kesehatan disarankan lebih meningkatkan pada pelayanan KB secara maksimal.

Kata kunci : KB, pengetahuan, umur, pendidikan, dukungan suami

ABSTRACT
Data from the Indonesian Demographic and Health Survey (SDKI) the number of family planning acceptors in 2007 to 57% and increase with the latest data 61% in 2012. To know Factors Related to unmet need events in women of childbearing age in BPM Bidan Enju Jumani SST , Kec. Batujaya-Karawang in the period of August 2017. The purpose of research to determine Factors associated with this research is descriptive analytic research, with cross sectional approach method, using total sample with 37 respondents, using data that is primary data (questionnaire), analysis using chi-square. The result of univariate analysis from 37 people who got Yes Unmet Need as many as 23 people (62,2%) while unmet need good that is 14 people (37,8%). Result of statistic test from 5 variables there are 2 related variables that is parity (p-value = 0,01), knowledge (p-value = 0,01), and which there is no age correlation (p-value = 0,08 .), education (p-value = 0.49), husbands encouragement (p-value = 0.11.). the conclusion of this study is the relationship between parity and knowledge with the incidence of unmet need in women of childbearing age and there is no relationship between age, education, and husband support with unmet occurrence in women of childbearing age. Suggestion For health workers are suggested to improve the family planning services maximally.

Keywords: Family planning, knowledge, age, education, husband support

Published
2022-08-12