Stres Akibat Kerja dan Strategi Coping Stress pada Guru Taman Kanak-Kanak Selama Masa Pandemi COVID 19 Kota Depok Tahun 2021

Authors

  • ratna Utami Wijayanti

DOI:

https://doi.org/10.58813/stikesbpi.v6i1.183

Keywords:

stres kerja;, coping stress;, guru;, pengajaran daring;, taman kanak-kanak;, kesehatan kerja

Abstract

Stres akibat kerja merupakan respons yang timbul karena berhadapan dengan tekanan dan tuntutan kerja yang tidak sejalan dengan kemampuan dan pengetahuan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran stres kerja pada guru taman kanak-kanak dan strategi coping stress dalam menjalani proses pengajaran jarak jauh selama masa pandemic COVID 19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melibatkan guru taman kanak-kanak di Kota Depok tahun 2021. Metode pengambilan data penelitian ini adalah wawancara mendalam. Validasi data dilakukan dengan cara wawancara mendalam kepada pimpinan institusi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah dampak positif stres yang dirasakan oleh para guru adalah mereka mampu menjalani proses pengajaran daring ini karena dukungan-dukungan yang diberikan kepada guru. Dampak negatif yang dirasakan oleh para guru lebih mengarah pada munculnya gangguan-gangguan kesehatan, seperti lelah, nyeri pinggang, mata berair dan lelah, serta tubuh terasa panas. Strategi coping stress yang dilakukan berupa Dukungan-dukungan dari berbagai pihak mampu meningkatkan ketahanan para guru dalam proses adaptasi, seperti pemberian kuota internet saat mengajar, Dukungan banyak diberikan kepada para guru, baik berupa pelatihan, pengembangan wawasan, diskusi dengan sesama guru dan atasan ketika mengalami kendala pengajaran, pemberian kuota internet, dan kerjasama dengan orangtua untuk memfasilitasi belajar para siswa.
Kata kunci: stres kerja; coping stress; guru; pengajaran daring; taman kanak-kanak; kesehatan kerja

Downloads

Published

2023-11-29