FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBELAJARAN DI LABORATORIUMKEBIDANAN MAHASISWA SEMESTER IV AKADEMI KEBIDANAN SENTRA BINA YUDHISTIRA TANGERANG

  • Kursih Sulastriningsih
Keywords: Laboratorium, Pembelajaran di Laboratorium mahasiswa kebidanan

Abstract

Pembelajaran di laboratorium merupakan strategi pembelajaran atau bentuk pembelajaran yang digunakan

untuk membelajarkan secara bersama-sama kemampuan psikomotorik (ketrampilan), pengertian (pengetahuan) dan afektif (sikap) menggunakan sarana laboratorium. Pembelajaran praktek laboratorium secara umum bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dalam menerapkan teori yang ada sesuai dengan materi pembelajaran yang diberikan oleh dosen mata kuliah yang bersangkutan walaupun mahasiswa belum secara utuh menerapkannya pada dunia kerja  nyata. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pembelajaran laboratorium mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Sentra Bina Yudhistira Tangerang tahun periode Februari - Juli 2015.. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan desain Cross Sectional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kebidanan semester IV dengan jumlah responden 30 orang yang diambil dengan Total  sampling. Instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah univariat (perhitungan persentase)  dan bivariat (Uji chi square). Hasil penelitian didapatkan mahasiswa mempunyai minat rendah terhadap pembelajaran di laboratoriumyaitu sebanyak 25 responden (83,3%), motivasi rendah yaitu sebanyak 18 responden (60,0%), dosen  mendukung yaitu sebanyak 24 responden (80,0%), sarana prasarana mendukung 50%, teman kurang mendukung yaitu sebanyak 20 responden (66,7%).

Tidak ada hubungan antara minat mahasiswa dengan pembelajaran di laboratorium, ada hubungan antara motivasi mahaasiswa dengan pembelajaran di laboratorium tidak ada hubungan antara dosen dengan pembelajaran laboratorium, tidak ada hubungan sarana prasarana dengan pembelajaran dilaboratorium, dan tidak ada hubungan teman bergaul dengan pembelajaran di laboratorium. Kesimpulan: Ada hubungan motivasi mahasiswa terhadap pembelajaran di laboratorium. Saran: Bagimahasiswa agar terus meningkatkan minat dan motivasi dalam belajar.

 

Kata Kunci: Pembelajaran di Laboratorium mahasiswa kebidanan

Published
2023-07-19