PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS AGAMA, FILSAFAT, PSIKOLOGI DAN SOSIAL STUDY KASUS PADA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN X JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.58813/stikesbpi.v7i1.126Keywords:
Pengelolaan Pendidikan; Agama; Filsafat; Psikologi; SosiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa, mengapa, dan bagaimana pengelolaan pendidikan berbasis agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi study kasus pada sekolah tinggi ilmu Kesehatan x Jakarta selatan. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa pengelolaan pendidikan adalah perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan sumber daya pendidikan yang berbasis agama berarti berpijak pada ajaran Tuhan yang mewajibkanpengaturan yang menyeluruh, dengan cara perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan yang tepat dan akurat; berbasis filsafat berarti berpijak pada kajian alam dan makna kehidupan yang realistis, dengan cara berpikir rasional, natural illmiah, harmoni, dan kritis; berbasis psikologi berarti berpijak pada kajian ilmiah pikiran dan perilaku manusia yang menyeluruh, dengan cara introspeksi, eksperimen, dan komparasi; dan berbasis sosiologi berarti berpijak pada kajian ilmiah kemasyarakatan yang menghendaki kemajuan,dengan cara pandang masyarakatyang progresif, rasional, dan sadar.