Hubungan Tehnik Hypnobirthing, Usia Dan Pendidikan Ibu Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester III Di RS PKT Bontang

  • Woro Nurul Seftianingtyas
Keywords: Hypnobirthing, usia, pendidikan dan kecemasan.

Abstract

Latar Belakang : Kehamilan bagi wanita merupakan tantangan tersendiri karena kehamilan akan banyak menimbulkan perubahan pada seluruh sistem dalam tubuh wanita selama masa kehamilannya dan saat persalinan wanita hamil masih berisiko baik pada ibu maupun janinnya, berupa kesakitan sampai pada resiko kematian. Pada saat hamil wanita cenderung merasa cemas terhadap kehidupan bayi maupun kehidupannya sendiri. Kehamilan pada Trimester III memiliki tinggat kecemasan tinggi yang bisa berlanjut ke Depresi Antenatal. Hypnobirthing merupakan metode relaksasi yang memberikan sugesti positif, relaksasi, dan keyakinan pada ibu hamil untuk percaya diri.

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui Hubungan Tehnik Hypnobirthing, Usia, Pendidikan dengan Kecemasan Ibu Hamil Trimester III di RS Pupuk Kaltim PeriodeFebruari – Mei 2021.

Metode Penelitian : Desain Penelitian in adalah cross sectional dengan Subjek Penelitian sebanyak 32 ibu hamil denganTeknik analisis data menggunakan Analisa Chi-Square. Hasil : Pada peneltian ini didapatkan nilai P Value 0.001 (Hypnobrithing), P Value Usia (0,01) dan P value Pendidikan (0,03)   Kesimpulan : ada Hubungan Tehnik Hypnobirthing, Usia, dan Pendidikan dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester III RS PKT Bontang. Saran : bagi RS Pupuk Kaltim Bontang dapat memberikan pelayanan dengan teknik hypnobirthing pada ibu hamil sebagai upaya pencegahan terjadinya Gangguan Kecemasan pada ibu hamil yang berlanjut pada Depresi Antenatal dan teknik Hypnobirthing dapat digunakan sebagai bahan untuk menarik perhatian masyarakat yang ingin memilih tempat pelayanan Kesehatan ibu dan Anak dengan Inovasi terkini.

Published
2021-08-20